oleh

260 Warga Binaan Lapas Pemuda Dibebaskan

-Hukum-98 views

MAMAKOTA,- Sebanyak269 Warga Binaan Pemasyara­katan (WBP) di Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang akhirnya dibebaskan. Warga bi­naan yang menghirup udara bebas semuan­ya terkait kasus pidana umum dan sudah menjalani lebih setengah masa hukuman dan akan bebas Desember 2020.

“Total ada 269 yang kita bebaskan se­cara bertahap sejak Rabu (1/4) sampai Se­lasa (7/4),” Kepala Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang, Supriyanto.

Menurut Supriyanto, pembebasan napi ini merupakan tindak lan­jut atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 10/ 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Selain itu ada Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 ta­hun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembe­basan Narapidana dan Anak Melalui Asimi­lasi dan Integrasi Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19. “Semoga WBP yang dipulangkan bisa kem­bali kepada keluarganya masing-masing, dan terus ikut bergerak membantu negara dalam pencegahan dan penanggulangan pandemi COVID-19,” ujar Supriyanto.

Dia berharap usai bebaskan pada WBP dapat menjalani kehidupannya seperti sedia kala dan tak mengulangi kesalahan yang pernah dibuat. Kemudian, keterampilan dan pelatihan selama di tahanan juga diharapkan dapat diterap­kan. “Seperti membuat kerajian, kue dan ber­tani. Semoga mereka bisa terapkan di rumah masing-masing untuk mata pencahariannya,” pungkas Supriyanto. (*/SN)

Komentar

News Feed