oleh

5 Kapal Asing Pencuri Ikan Berhasil Ditangkap

-Hukum-129 views

MAMAKOTA,- Penangkapan kapal menambah panjang daftar pelaku pencurian ikan yang ditangkap oleh pemerintah. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan pengawasan terhadap praktik pencurian ikan tidak kendor meski terjadi pademi virus corona (Covid-19).

Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) kembali menangkap kapal asing ilegal pencuri ikan.

“Kapal Pengawas Perikanan Ditjen PSDKP menangkap lima kapal ikan asing ilegal. Dari lima kapal itu, tiga kapal berbendera Filipina dan dua kapal berbendera Vietnam,” ungkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di Jakarta, kemarin.

Edhy mengatakan, lima kapal pelaku pencurian ikan tersebut ditangkap tiga kapal pengawas di dua sektor operasi yaitu Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP-NRI) 711-Laut Natuna dan WPP-NRI 716-Laut Sulawesi.

Menurutnya, keseluruhan operasi tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Pemantauan dan Operasi Armada yangmemantau langsung operasi penyergapan secara terus menerus selama 24 jam.

Edhy menuturkan, penangkapan itu buah dari hasil kerja kerja jajaran PSDKP yang tidak melakukan pengurangan intensitas operasi selama pandemi Covid-19.

“Mereka tetap berkomitmen untuk menegakkan kedaulatan pengelolaan perikanan di seluruh WPP-NRI. Penangkapan ini merupakan pesan tegas yang dikirimkan oleh KKP terhadap para pelaku illegal fishing di perairan Indonesia,” ungkapnya.

Edhy menegaskan, dirinya memiliki komitmen yang serius terhadap pemberantasan pencurian ikan. Sebab itu, dirinya mengambil langkahlangkah penguatan terhadap Direktorat Jenderal PSDKP sejak dirinya menjabat sebagai menteri.

Hal itu dibuktikan dengan melakukan penambahan jumlah armada Kapal Pengawas Perikanan. Serta, memberikan penghargaan kepada Awak Kapal Pengawas Perikanan dan seluruh personil yang dipandang berprestasi dalam menangkap pelaku penangkapan ikan ilegal. (*/RM)

News Feed