oleh

Awas! Ada Penipu Minta Donasi Atas Nama BNPB

-Hukum-124 views

MAMAKOTA,- Selalu ada pen­umpang gelap dalam setiap ke­jadian. Misalnya, saat pandemi korona (Covid-19) yang tengah dihadapi Indonesia ini, ada ok­num yang mencari celah untuk melakukan penipuan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Ko­munikasi Bencana BNPB Agus Wibowo mengingatkan kepada masyarakat agar hati-hati terje­bak penipuan yang mengatas­namakan BNPB untuk mencari donasi masyarakat dalam pen­anggulangan bencana.

“BNPB mendapati pemilik akun Instagram yang menga­tasnamakan BNPB untuk pem­bukaan donasi uang di tengah pandemi Covid-19. Pengguna media sosial Instagram terse­but menggunakan akun bnpb.go.idd,” kata Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (12/4).

Akun palsu BNPB ini menulis­kan biodata “Akun BNPB Berbasis Menerima Bantuan Berupa Uang Tunai Yang Donatur kasih kan di­simpan buat Uang Kas Indonesia.” Pada akun tersebut menggunak­an logo BNPB dan tulisan BNPB Provinsi. Pemilik akun mencan­tumkan nomor rekening BNI yang digunakan untuk menerima donasi dari masyarakat.

Akun tersebut telah mengung­gah tujuh konten berupa foto dan video yang menjelaskan mengenai kondisi warga yang terkena dampak bencana, baik itu banjir maupun gempa bumi yang merupakan kejadian pada waktu lalu. “BNPB mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menyikapi bentuk in­formasi, khususnya di media sosial, yang digunakan untuk menggalang donasi,” kata Agus. Menindaklanjuti akun tersebut, BNPB telah menghubungi pihak BNI dan Instagram untuk pem­blokiran. (*/UG)

News Feed