oleh

Bangun Jembatan Gantung Secara Swadaya

-Berita-152 views

MAMAKOTA,- Warga Kampung Susukan dan Kampung Bolang Desa Bungurmekar Kecamatan Sajira, bangun jembatan gantung secara swadaya.

Jembatan gantung tersebut merupakan akses jalan bagi warga Kampung Bolang dan Susukan. Karena berada dalam areal genangan air Waduk Karian (WK) jembatan gantung itu tidak masuk pada program pembangunan Pemerintah Kabupaten Lebak.

Semangat gotong royong warga dua Kampung di Desa Bungurmekar itu, patut diberikan apresiasi dan contoh bagi warga di Kabupaten Lebak. Tidak hanya tenaga untuk menyelesaikan jembatan yang alasnya dari besi, tetapi juga materi untuk pengadaan bahan warga di dua Kampung itu kompak mengumpulkan dana secara swadaya.

Abdurohman, warga Kampung Susukan mengatakan, pembangunan jembatan yang dilakukan pihaknya yang ditargetkan selesai delapan hari kerja itu murni hasil swadaya masyarakat.

“Targetnya delapan hari selesai, biayanya itu hasil iuran dari warga Kampung Susukan dan Bolang. Jembatan ini gak bakal dibangun oleh pemerintah karena masuk pada genangan waduk karian,” kata Abdurohman, Senin ( 20/4).

Menurutnya, dibangunnya jembatan gantung tersebut oleh warga karena sangat dibutuhkan oleh warga sebelum pembangunan waduk karian selesai. Ia juga mengaku, sampai hari ini tidak ada bantuan baik dari Pemerintah Kabupaten mau pun dari Pemerintah Desa sendiri.

“Ini adalah bukti bahwa dengan bergotong royong masyarakat mampu memperbaiki jembatan yang dibutuhkan sebelum waduk karian selesai pembangunannya,” ungkapnya. (*/BP)

News Feed