oleh

Bank Dunia Ramal Penduduk Miskin Bertambah 11 Juta

-Berita-147 views

MAMAKOTA,- Pandemi corona diramal tidak hanya melambatkan ekonomi global. Tapi juga menambah jumlah orang miskin di kawasan Asia Timur dan Pasifik sebesar 11 juta orang.

Hal ini diungkap dalam laporan ekonomi Bank Dunia untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik, edisi April 2020. Laporan ini menyebut, laju pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang di kawasan ini, termasuk Indonesia bisa melambat menjadi 2,1 persen di tahun 2020.

Untuk memperkecil dampak corona terhadap ekonomi, Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Pangestu telah meminta negara-negara anggota G-20 untuk tidak membatasi ekspor barang terkait penanganan virus corona. Seperti makanan dan barang lain kebutuhan tenaga medis.

Ia juga meminta negara anggota G20 menurunkan sementara tarif dan pajak ekspor untuk makanan dan bahan pokok lainnya. Termasuk juga menghilangkan atau mengurangi tarif impor produk-produk utama penanggulangan covid-19.

Menurutnya, dunia akan sulit menyelesaikan persoalan virus corona jika bergerak sendirisendiri atau egois. “Negaranegara di dunia akan semakin kuat jika memiliki fokus yang sama. Jadi, berjalan sendiri bukan pilihan yang tepat saat ini,” pungkasnya. (*/RM)

Komentar

News Feed