oleh

Bapenda Karawang Beri Keringanan Kepada Wajib Pajak

-Berita-164 views

MAMAKOTA,- Sejak merebaknya Covid-19, tidak dipungkiri bahwa laju perekonomian dirasa melambat. Dampak tersebut sangat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk dalam membayar pajak. Oleh karena itu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Karawang, Jawa Barat, telah memformulasikan stimulus untuk memberikan keringanan kepada wajib pajak.

Kepala Bapenda Kabupaten Karawang H Hadis Herdiana mengatakan, selain memberi keringanan Bapenda juga menjaga stabilitas pendapatan asli daerah melalui sektor pajak. Berdasarkan Keputusan Bupati Karawang No: 973/Kep.326-Huk/2020 tanggal 5 Mei 2020, di antara keringanan tersebut adalah penghapusan denda dan memperpanjang batas waktu pembayaran.

“Diharapkan para wajib pajak dapat memanfaatkan insentif atau stimulus dari Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang sebagai dampak pandemi Covid-19,” ujarnya kepada Fakta Jabar, Jumat (8/5).

Hadis menambahkan, untuk penghapusan denda wajib pajak daerah berupa sanksi administrasi dengan penundaan jatuh tempo pembayaran, paling lambat satu bulan setelah masa tanggap darurat Covid-19 Kabupaten Karawang berakhir.

“Wajib pajak daerah tersebut meliputi pajak hotel, restoran, tempat hiburan, parkir, reklame, air tanah, sarang burung walet, mineral bukan logam dan batuan, PPJ non-PLN (penerangan jalan yang dihasilkan sendiri).”

Dia menambahkan, selain itu juga penghapusan sanksi administrasi berupa denda untuk PBB P2 masa pajak terutang dari mulai terbit SPPT sampai dengan akhir tahun 2019.

“Penghapusan denda ini berlaku mulai 5 Mei 2020 sampai dengan satu bulan pasca-tanggap darurat Covid-19 di Kabupaten Karawang.” (*/UG)

News Feed