oleh

Besok MK Gelar Sidang Gugatan Perppu Korona

-Hukum-79 views

MAMAKOTA,- Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar persidangan secara langsung sidang gugatan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 di Ruang Sidang Pleno MK pada Selasa besok (28/4).

Perppu 1/2020 terkait penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang mulai berlaku mulai 31 Maret lalu memang banyak menuai kontroversi. Seperti ditulis di situs resmi MK, lembaga ini menangani gugatan dan permohonan pengujian perppu tersebut dengan serius dan memutuskan untuk menggelar persidangan secara langsung di Ruang Sidang Pleno MK.

Keputusan itu diambil setelah rapat koordinasi antara hakim konstitusi dengan panitera dan Sekjen MK beserta jajarannya pada Jumat (24/4), yang dilakukan melalui konferensi video. Rapat koordinasi diikuti oleh seluruh hakim konstitusi. **Baca juga: KPK Unjuk Gigi, Bekuk Dua Tersangka di Palembang

“Kita setuju untuk melakukan sidang di satu ruangan dengan mengubah tempat posisi ruang persidangan sesuai protokol kesehatan yang berlaku,” terang Ketua MK Anwar Usman kepada seluruh peserta rapat yang dihadiri oleh hakim konstitusi. **Baca juga: Minggu Depan Romy Dikabarkan Akan Bebas

Ada tiga nomor perkara yang berisi gugatan atas Perppu Korona. Yakni, gugatan oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) dan kawan-kawan, gugatan oleh Amien Rais dan kawan kawan, dan gugatan yang diajukan seorang diri oleh Damai Hari Lubis. Semuanya berpendapat sama: hapus Pasal 27 dan beberapa pasal lainnya dari Perppu Korona.

MAKI, misalnya, meminta MK membatalkan Pasal 27 Perppu 1/2020 karena bertentangan dengan UUD 1945 pada petitumnya. Sementara Amien Rais dan kawan kawan  menilai Pasal 2 Ayat 1 Huruf a Angka 1, 2, dan 3, Pasal 27 dan Pasal 28 Perppu 1/2020 bertentangan dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan harus dibatalkan MK, seperti yang tertera dalam salah satu gugatan yang berkas permohonannya telah diunggah ke situs MK. Sekjen MK M. Guntur Hamzah menyatakan siap melaksanakan dan menindaklanjuti keputusan rapat koordinasi tersebut. (*/UG)

Komentar

News Feed