oleh

BLT Untuk Rakyat Miskin Mulai Direalisasikan

-Berita-119 views

MAMAKOTA,- Pemerintah mulai merealisasikan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat miskin terdampak pandemi virus corona (Covid-19) di desa. Hingga kemarin, tercatat sudah 576 keluarga miskin menerima BLT masingmasing Rp 600 ribu.

“Sampai Minggu tanggal 26 April, untuk bulan pertama sudah 576 keluarga miskin menerima BLT dengan total senilai Rp 345.600.000. Senin 27 April (hari ini) diperkirakan bertambah menjadi 2.694 keluarga miskin atau senilai Rp 1,6 miliar,” ungkap Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Ivanovich Agusta, kemarin.

Ivanovich merincikan, beberapa daerah yang sudah menyalurkan BLT Dana Desa. Antara lain perangkat desa di Desa Lele, Kecamatan Mandioli Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Desa itu sudah membagikan BLT Dana Desa kepada 60 keluarga miskin untuk bulan pertama. Pemberian dilakukan secara tunai karena desa itu berada di pulau tersendiri dan jauh dari akses perbankan.

Kemudian, Pemerintah Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. sejak 24-25 April telah menyalurkan BLT kepada 259 keluarga miskin. Dana itu diambil dari anggaran Dana Desa setempat.

Selain itu, penyaluran BLT juga sudah dilakukan di desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Daerah itu telah mencairkan BLT Dana Desa untuk 33 keluarga miskin. Dan, hari ini rencananya desa di kabupaten itu akan melakukan penyaluran BLT. Desa lainnya yang sudah menyalurkan BLT yakni Desa Bawangan dan Desa Kebonangung, di Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Dua desa itu sudah menyerahkan BLT Dana Desa untuk 224 keluarga miskin.

Ivanovich meminta, kepala daerah yang memproses pencairan Dana Desa agar segera melakukannya karena alokasi BLT diambil dari sebagian Dana Desa. Dia menjelaskan, penggunaan Dana Desa untuk alokasi pembagian BLT merupakan keputusan pemerintah dalam rangka penanganan Covid19.

Bentuknya harus bantuan langsung tunai. BLT Dana Desa akan dilakukan setiap bulannya selama tiga bulan ke depan. Ivanovich mengingatkan perangkat desa dalam menyalurkan BLT menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Disarankannya, pembagian dilakukan dengan cara mendatangi rumah warga penerima. (*/RM)

News Feed