oleh

Corona Tak Ganggu Persiapan Pelaksanaan Haji

-Berita-142 views

MAMAKOTA,- Setelah menyetop umrah karena kasus corona, Pemerintah Arab Saudi hingga kini belum memberi kepastian soal nasib penyelenggaraan haji tahun ini. Namun, meski belum ada tanda-tanda apakah akan lanjut atau ditunda seperti umroh, Kementerian Agama terus melakukan persiapan haji.

Bahkan, Tim Akomodasi dan Katering Kemenag sudah berada di Saudi untuk mempersiapkan layanan bagi jamaah. Kemarin, giliran tim transportasi yang akan berangkat ke Saudi.

Persiapan Transportasi Subhan Cholid, di Jakarta, kemarin. Tim terbang dengan Saudia Airlines. Dia menjelaskan, tim ini akan mempersiapkan layanan sesuai kebutuhan angkutan jemaah haji di Saudi. Layanan transportasi dipersiapkan untuk melayani 204.000 jemaah reguler, dan sekitar 2.555 petugas haji. Sehingga, totalnya ada 206.555 orang.

Layanan transportasi, lanjut Subhan, terbagi menjadi dua. Antarkota perhajian dan bus shalawat. Untuk rute bus antarkota rata-rata diisi 42 jemaah per armada. Sementara angkutan yang disediakan mencapai 2.452 armada. Rute-rutenya antara lain, rute Bandara Madinah ke Hotel di Madinah, rute Madinah ke Makkah, rute Makkah ke Jeddah.

Terdapat perbedaan pada armada rute Jeddah ke Makkah, rute Makkah ke Madinah, rute dari Hotel Madinah ke Bandara Madinah. Pada rute tersebut pemerintah menyediakan 2.466 armada.

Adapun estimasi kebutuhan bus shalawat mencapai 459 armada untuk mengantar jemput 206.555 orang dengan sistem shuttle. (RM/*)

Komentar

News Feed