oleh

Denda Rizieq Rp 50 Juta, Anies Dipuji Ketua Satgas Covid

-Hukum-15 views

Soal Pelanggaran Prokes di Petamburan

MAMAKOTA,- Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengapresiasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menjatuhkan sanksi denda administrasi atas pelanggaran protokol kesehatan (prokes) yang dilakukan oleh pentolan Front Pembela Islam Rizieq Shihab.

“Saya selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19, menyampaikan apresiasi kepada Gubernur DKI Anies Baswedan, yang mengambil langkah terukur terhadap adanya pelanggaran dari kegiatan yang diselenggarakan di Petamburan,” kata Doni dalam konferensi pers, Minggu (15/11).

Seperti diketahui, Anies telah mengirim tim yang dipimpin Satpol PP, untuk menyampaikan surat denda administrasi sebesar Rp 50 juta, kepada panitia penyelenggara acara yang menimbulkan kerumunan massa pada Sabtu (14/11). Yakni, penyelenggaraan pernikahan putri Rizieq, Syarifah Najwa binti Muhammad Rizieq, dengan Sayyid Muhammad Irfan Alaydrus serta peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sebelum acara tersebut, kerumunan orang juga selalu tampak di setiap kemunculan Rizieq. Misalnya saja, saat ia tiba di Bandara Soekarno Hatta pada 10 November lalu, acara di Megamendung Puncak, dan Maulid Nabi di Tebet, Jakarta Selatan.

Rizieq dinilai telah melanggar Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 799 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dan Pergub Provinsi DKI Jakarta Nomor 80 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif.

Denda tersebut langsung dibayar di tempat oleh FPI sebagai penanggung jawab acara, setelah menerima surat pemberitahuan tersebut.

“Denda ini adalah denda tertinggi. Apabila di kemudian hari terulang kembali, menurut Gubernur Anies akan ada denda progresif, dilipatgandakan jadi Rp 100 juta,” tambahnya.

Doni mengapresiasi Tim Satgas DKI yang tidak pandang bulu terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan. Terutama, yang tidak menggunakan masker pada acara di Petamburan. Dengan menjatuhkan sanksi berupa denda uang kepada 17 orang, dan denda fisik terhadap 19 orang. (red/usman)

News Feed