oleh

DLH Tangsel Gelar Uji Emisi Gratis

-Berita-7 views

TANGSEL,MAMAKOTA– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Tangerang Selatan, menggelar uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat. Kegiatan itu dilakukan di Taman Kota 1 Jalan Letnan Sutopo, Lengkong Gudang, Serpong.

Kegiatan ini akan dilakukan selama tiga hari, di lokasi berbeda. Setelah di Jalan Letna Sutopo, selanjutkan di kawasan Alam Sutera dan Bintaro. “Satu hari target kami 500 kendaraan. Tiga hari 1.500 mobil,” terang Laily, Kasi Pengendalian Pencemaran Lingkungan, DLH Kota tangsel, Selasa (13/10/2020).

Dalam melakukan uji emisi ini, Dinas Lingkungan Hidup dibantu dengan Dinas Perhubungan dan anggota Kepolisian untuk memberhentikan kendaraan yang melintas di jalan utama. “Kami pilih secara acak. Tidak berdasarkan kriteria atau jenis kendaraan,” tambahnya kepada KabarOto di sela-sela kegiatan uji emisi.

DLH juga melibatkan konsultan hukum dan vendor untuk menghadirkan peralatan uji emisi. Jika pada sebuah kendaraan ditemukan ambang batas emisi, atau mengandung polusi, maka petigas dilapangan menghimbau untuk segera melakukan perawatan di bengkel.

“Kami di sini hanya imbauan, jadi jika sudah melebihi ambang batas emisi, kami sarankan untuk segera membawa ke bengkel,” tambah Laily. Kegiatan ini untuk mengevaluasi kadar udara di wilayah Tangerang Selatan.

DLH juga mengantongi standar pengujian, jika kendaraan bensin dengan tahun produksi di bawah 2007 maka kadar karbon monoksida (CO) harus 4,5 persen. Sementara itu untuk Hidro Carbon (HC) harus berada di angka maksimal 1200. “Jika lebih dari itu maka mobil wajib dibawa ke bengkel,” tambah dia.

Sementara itu, untuk mobil tahun pembuatan di atas 2007, CO maksimal 1,5 dan HC 200. Kategori untuk kendaraan solar, di bawah tahun 2010 opasitas idealnya 70 persen dan kendaraan di atas 2010 40,0 persen.
CO sendiri timbul karena efek dari pembakaran kurang udara, filter udara kotor. Sementara, HC bbm tidak terbakar dengan benar karena pengapian tidak baus atau injektor rusak. (ahmad)

Komentar

News Feed