oleh

DPR Harap Pemekaran Jangan Bikin Rakyat Tambah Miskin

-Berita-142 views

MAMAKOTA,- Isu pemekaran Papua terus menuai pro dan kontra di kalangan elite maupun masyarakat di provinsi paling timur Indonesia itu. Namun, seluruh kalangan memiliki satu kesepahaman tentang tujuan utama pemekaran daerah, yakni mensejahterakan masyarakat.

Anggota Fraksi Partai Demokrat Herman Khaeron menegaskan, pemekaran di Papua harus sesuai dengan tujuan utamanya, yakni memberikan pelayanan terbaik dan mensejahterakan rakyat. Karenanya, mantan wakil ketua Komisi II itu meminta pemerintah berhati-hati dalam merumuskan dan melibatkan seluruh unsur masyarakat di daerah.

“Kalau pasca-pemekaran terjadi sebaliknya, terjadi kemunduran dan masyarakatnya tambah miskin, berarti gagal. Karena itu, tujuan utama pemekaran tak boleh didasarkan oleh kepentingan politik dari kelompok tertentu,” ujar Herman dalam diskusi bertajuk “Pemekaran Papua: Sebuah Keniscayaan atau Petaka?” di Ruang Wartawan, Kompleks Parlemen, Jakarta, kemarin.

Menurutnya, salah satu persoalan yang akan dihadapi sebelum melakukan pemekaran adalah mensinkronkan keinginan masyarakat di daerah dan di pemerintah pusat. Jangan sampai, pembentukan daerah otonomi baru justru membebani pemerintah pusat dari berbagai aspek, seperti membebani fiskal, dan sosial kemasyarakatan.

“Ini harus dipertimbangkan. Sangat tidak tepat kalau otonomi daerah membuat rakyat tidak sejahtera, membebani penghasilan, dan fiskalnya. Apalagi, alokasi anggaran operasionalnya lebih besar dari pada alokasi pembangunan di daerah otonom baru,” tegas dia. (*)

Komentar

News Feed