oleh

Dua WNA Positif Covid-19 Dirujuk ke Wisma Atlet

-Berita-11 views

SERPONG, MAMAKOTA– Setelah mendapat penanganan medis di Rumah Lawan Covid-19 Kota Tangerang Selatan, dua warga negara asing (WNA) pencari suaka asal Afganistan yang terpapar Corona, dirujuk ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Sudah dirujuk ke Wisma Atlet Kemayoran,” ujar Koordinator Bidang Penanganan Satuan Gugus Tugas Covid-19 Tangerang Selatan Suhara Manullang saat dikonfirmasi, Selasa (27/10/2020).

Kedua WNA itu dipindahkan ke Wisma Atlet bukan karena memiliki penyakit penyerta dan harus mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Namun, karena dari Rumah Lawan Covid-19 Kota Tangerang Selatan menginginkan agar mereka dapat ditangani langsung dan dipantau oleh pemerintah pusat.

“Kalau di Wisma Altet kan lebih ke arah pemerintah pusat yang menangani,” jelasnya.

Pemindahan tersebut berdasarkan arahan dari Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, setelah berkoordinasi dengan Kesbangpol, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan.

“Ini dirujuk ke Wisma Atlet dengan berbagai pertimbangan. Mungkin karena dia WNA dan berbagai kondisi lainnya. Seperti apa tindak lanjutnya nantinya ketika sudah sembuh,” pungkasnya.

Sebelumnya, dua WNA pencari suaka asal Afganistan dinyatakan positif Covid-19. Keduanya pun dirujuk ke Rumah Lawan Covid-19 kota Tangerang Selatan untuk menjalani isolasi.

Mereka diketahui positif Covid-19 setelah menjalani uji swab secara mandiri di rumah sakit. Dua WNA yang tinggal di di kawasan Pisangan, Ciputat itu pun melaporkan hasil pemeriksaan tersebut ke Puskesmas setempat.

Mendapati laporan tersebut, Puksesmas Pisangan langsung berkoodinasi dengan Gugus Tugas untuk merujuk pencari suaka itu ke Rumah Lawan Covid-19. (ahmad)

News Feed