oleh

Dukcapil Tunda Perekaman E-KTP Selama 3 Pekan

MAMAKOTA,- Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) menginstruksikan Dinas Dukcapil di seluruh Indonesia untuk menunda perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik atau E-KTP ditunda 2 sampai 3 pekan kedepan guna mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Kecuali, untuk kebutuhan mendesak.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan pihaknya menunda layanan perekaman E-KTP karena pada kegiatan itu terjadi kontak fisik secara langsung. Untuk daerah yang tidak ada kasus positif covid-19, Zudan menyerahkan keputusan kepada kepala dinas daerah.

Zudan meminta, semua petugas kesehatan agar selalu menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan dengan sabun atau cairan sanitasi untuk tangan/hand sanitizer. Hal itu juga diimbau kepada seluruh pemohon layanan kependudukan.

Dalam kesempatan ini, Zudan juga menginstruksikan pelayanan administrasi kependudukan agar melakukan layanan secara daring atau online. Sehingga Masyarakat bisa mengajukan permohonan dokumen kependudukan secara online. Dokumennya pun dapat dikirimkan online dengan menggunakan format dokumen PDF sehingga penduduk bisa mencetak di rumah. (*/RM)

Komentar

News Feed