oleh

Gara-gara Virus Corona Mudik Gratis Dibatalin

-Berita-203 views

MAMAKOTA,- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat resmi membatalkan rencana pelaksanaan mudik gratis pada Lebaran tahun ini. Alasannya, untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), yang diprediksi masih terus berlanjut hingga Idul Fitri.

Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Corona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari–29 Mei 2020

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan berdasarkan hasil diskusi internal dan bersama dengan Menteri Perhubungan Ad Interim, Luhut Binsar Panjaitan, diputuskan mudik gratis pada Lebaran 2020 dibatalkan. Baik itu program mudik gratis yang diadakan oleh Kemenhub, BUMN, hingga swasta akan ditiadakan.

Ia meminta kepada masyarakat yang telah mendaftarkan diri untuk ikut dalam program ini. Sosialisasi dan ajakan kepada masyarakat agar tetap di rumah selama periode mudik Lebaran dan saat Lebaran pun akan mulai dilakukan.

Padahal, Ditjen Perhubungan Darat sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 34,48 miliar pada mudik gratis kali ini atau lebih besar 6 persen dibandingkan dengan mudik gratis tahun lalu yang sebesar Rp 32,45 miliar. Sementara, total bus yang digunakan yakni 1.317 bus dengan 1.117 unit bus pariwisata yang mampu mengangkut 50.625 penumpang dan 200 unit bus AKAP yang dapat mengangkut 900 penumpang.

Kemenhub juga sudah menyediakan 111 truk yang digunakan mengangkut sepeda motor para pemudik yang mampu menampung 4.995 unit sepeda motor yang meinghat hingga 62 persen dari 2019 lalu. Pihaknya menyebut tujuan mudik terdapat 37 kota saat mudik dan 5 kota saat pulang.

Terdapat kota tujuan mudik baru pada mudik gratis kali ini yakni rute Denpasar-Surabaya dan Denpasar-Yogyakarta. Sementara, dua kota tujuan untuk mudik gratis yang menggunakan kapal feri yakni tujuan Lampung dan tujuan Semarang. (*/RM)

Komentar

News Feed