oleh

Hakim Syarifuddin Terpilih Pimpin MA

-Hukum-102 views

MAMAKOTA,- Hakim Agung Muhammad Syarifuddin termasuk moncer dalam perjalanan kariernya di dunia peradilan dan dipandang cemerlang. Dia memulai sebagai calon hakim Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh pada 1981. Dia kemudian ditempatkan sebagai hakim di PN Kutacane pada 1984.

Syarifuddin terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025 dalam pemilihan pada Senin (6/4). Dia terpilih untuk menggantikan Hatta Ali yang akan pensiun pada 1 Mei 2020.

Dalam sidang paripurna khusus pemilihan ketua, Syarifuddin mengatongi 32 suara pada pemilihan tahap kedua. Calon lainnya, Andi Samsan Nganro hanya memeroleh 14 suara. Dengan demikian Syarifuddin sah terpilih sebagai ketua MA menggantikan Hatta Ali.

Dalam sambutannya, Syarifuddin menyampaikan terimakasih telah dipercaya untuk memimpin lembaga tertinggi di peradilan. Dia mengharapkan dapat didukung untuk mengemban amanah melanjutkan estafet kepemimpinan di MA.

“Terima kasih atas kepercayaan kepada saya untuk menerima tongkat estafet kepemimimpinan Ketua MA. Mulai hari ini berakhir sudah demokrasi kecil di MA. Mulai hari ini pula, saya harap tidak ada perbedaan pendapat, tidak ada dukung-mendukung di antara kita,” kata Syarifuddin, Senin (6/4).

Syarifuddin mengajak jajaran peradilan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab agar MA dan badan peradilan di Indonesia lebih baik lagi. Dia pun meminta dukungan sepenuhnya dari jajaran peradilan.

“Kita kembali bersatu-padu bahu-membahu dan kerja keras menyambut tugas dan tanggung jawab kita ke depan agar MA dan badan peradilan lebih baik lagi. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini,” harap Syarifuddin. (*/UG)

Komentar

News Feed