oleh

Hari Ini PM Jepang Yoshihide Suga Bertemu Jokowi

-Berita-31 views

JAKARTA, mamakota- Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga hari ini akan terbang ke Indonesia dari Vietnam. Pertemuan bilateral akan langsung dilaksanakan dengan Presiden Jokowi.

Isu yang dibahas diprediksi terkait geopolitik hingga infrastruktur.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu sudah berkomunikasi terkait kunjungan ini. Keduanya berbicara selama 30 menit.

Pembicaraan tersebut diadakan pada Senin 19 Oktober 2020 kemarin. Komunikasi itu adalah yang pertama antara kedua menlu sejak Maret 2020.

“Menteri Luar Negeri Motegi mengharapkan agar lawatan Perdana Menteri ini akan bermakna sehingga hubungan bilateral yang merupakan mitra strategis akan semakin kokoh,” tulis pernyataan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Selasa (20/10/2020).

“Menanggapi hal tersebut, Menteri Luar Negeri Retno mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menyambut baik kunjungan Perdana Menteri Suga di Indonesia dan menantikan pertemuan bilateral yang direncanakan Selasa 20/10/2020.

Tema kunjungan PM Suga ke Vietnam dan Indonesia adalah mewujudkan adanya kawasan Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka.

Pada kunjungan ke Vietnam, PM Jepang turut ingin menjadikan Vietnam sebagai lokasi alternatif untuk membuka pabrik ketimbang China. Pertemuan Suga dan Jokowi diprediksi akan turut membahas infrastruktur seperti transportasi. (Red/*)

News Feed