oleh

Ibadah Umroh & Haji Masih Ditutup

-Berita-123 views

MAMAKOTA,- Ada kabar gembira dari pemerintah Arab Saudi. Negeri di bawah pimpinan Raja Salman ini akan kembali membuka Masjid Nabawi, Minggu (31/5). Tetapi, Masjidil Haram, masih ditutup. Begitu pula dengan umroh dan haji.

Rencana pembukaan masjid paling suci kedua bagi umat Islam itu diumumkan akun Twitter resmi pengurus dua masjid suci, Haramain Sharifain, @haramainsharifain pada Selasa (26/5).

“Gerbang Masjid al Nabawi, Madinah akan diizinkan dibuka untuk umum mulai 8 Syawal 1441,” cuitnya. Dalam kalender Masehi, 8 Syawal 1441 atau jatuh pada Minggu (31/5).

Nantinya, seluruh jamaah dari berbagai kota di Arab Saudi sudah boleh mengunjungi Masjid Nabawi karena larangan bepergian juga sudah dicabut. “Tapi kunjungan internasional masih ditangguhkan karena penerbangan masih ditutup,” tulis @haramainsharifain.

Ibadah juga akan diizinkan untuk digelar kembali di masjid-masjid di luar Mekah mulai Minggu (31/5). Sementara itu masjid-masjid di Mekah akan dibuka kembali, Minggu (21/6). Masjid-masjid tersebut akan dibuka 20 menit sebelum dimulainya shalat dan harus ditutup kembali 20 menit setelah selesai. Kecuali, Masjidil Haram.

“Masjidil Haram di Makkah masih tetap tertutup untuk seluruh pengunjung hingga pengumuman berikutnya,” kicaunya. Pembukaan sejumlah masjid itu merupakan bagian dari rencana Saudi melonggarkan pembatasan. Senin (25/5), pemerintah Saudi memaparkan, pembatasan akan dicabut dalam tiga fase. Fase pertama, akan dimulai Kamis (28/5) dengan pengurangan jam malam 24 jam menjadi 15 jam saja, yaitu pukul 3 sore hingga 6 pagi. (*/RM)

Komentar

News Feed