oleh

Ihsanudin Heran Lihat Angka Pengangguran dan Kemiskinan di Karawang

-Berita-64 views

KARAWANG, MAMAKOTA,- Angka pengangguran dan kemiskinan yang masih tinggi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, adalah sebuah ironi mengingat Karawang merupakan daerah industri dan pertanian.

Kabupaten Karawang punya APBD sekitar 4,7 triliun rupiah dan punya 1.586 pabrik. Ironis kalau sampai hari ini angka penganggurannya masih tinggi dan tingkat kesmiskinannya juga cukup tinggi, kata Ihsanudin, anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra.

Ihsan, panggilannya, yang terpilih sebagai anggota DPRD Jabar dari Dapil Karawang dan Purwakarta, menyinyalir, sebelum wabah Covid-19 jumlah penganggur di Kabupaten Karawang mencapai 180 ribuan.

Angka sebanyak itu adalah lulusan sekolah, ujarnya. Menurut dia, potensi industri yang ada di Karawang selama ini tidak dibarengi perhatian yang cukup dari pemimpinnya. Oleh karena itu, ia berharap pemerintahan Karawang ke depan lebih serius menangani masalah pengangguran dan kemiskinan.

Dalam kaitan itu Ihsan mengapresiasi visi-misi pasangan calon bupati dan wakil bupati Karawang Ahmad Jamakhsary (Kang Jimmy) dan Yusni Rinzani. Yakni, tekad keduanya untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Karawang.

Saya apresiasi konsepnya Kang Jimmy-Teh Yusni yang akan menyiapkan 30-50 miliar dari APBD untuk perusahaan dengan kewajiban mengadopsi semua lulusan sekolah di Kabupaten Karawang. Tiap perusahaan setahunnya mengambil lulusan sekolah, yakni satu perusahaan setahun cukup 30 orang anak. Jadi, 30 x 1.500 pabrik, satu tahun sudah 45 ribu anak tersalurkan, paparnya.

Dia berpendapat, daripada membuat balai latihan kerja atau BLK yang tak berfungsi lebih baik anggaran diberikan kepada instruktur yang ada di pabrik-pabrik untuk mendidik dan mengambil lebih banyak tenaga kerja asal Kabupaten Karawang. (Red/usman) 

News Feed