oleh

Jadwal Masa Reses DPR “Terjebak Corona”

-Berita, Politik-162 views

MAMAKOTA, JAKARTA, – Wabah virus Corona tak hanya mengganggu aktifitas di masyarakat, namun juga berimbas pada program pemerintahan. Bahkan, DPR RI akan mengkaji kemungkinan memperpanjang masa reses dan menunda pembukaan masa sidang.

Seperti diketahui, legislatif saat ini tengah memasuki masa reses dan dijadwalkan untuk bersidang kembali pada 23 Maret 2020.

Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan, masa sidang yang dalam jadwal persidangan diagendakan tanggal 23 Maret nanti masih mengkonsultasikan dengan pimpinan untuk kemungkinan lain apakah pembukaan masa sidang diundur atau tetap. Keputusan terkait pembukaan masa sidang itu akan diambil oleh pimpinan DPR setelah berkonsultasi dengan para pimpinan fraksi.

“Jika jadwal pembukaan masa sidang tak berubah, kami sudah menyiapkan prosedur untuk mencegah penyebaran virus Corona,” katanya di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Protap yang disiapkan untuk menjaga kebersihan anggota yang hadir yakni dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kompleks Parlemen. Selain itu, sebagian pegawai pun diizinkan untuk bekerja dari rumah.

Kemudian untuk bekerja dari rumah yaitu pegawai di atas 50, eselon IV di rumah. “Tapi sebenarnya kami tetap melakukan piket di masing-masing unit, karena mulai besok sampai Jumat bakal ada penyemprotan di seluruh kompleks Parlemen. Bukan hanya DPR, DPD, juga MPR. Sehingga ruang tersebut harus dikosongkan,” ujar Indra.

Untuk kriteria lainnya, yang masuk itu adalah unit yang berkaitan langsung yang harus standby, seperti dokter, administrasi pembayaran keuangan, dan pengamanan.

Tak hanya itu, sejumlah kegiatan DPR pun ditunda dan dibatalkan imbas penyebaran virus Corona. Termasuk juga acara sosialisasi para anggota Dewan di daerah pemilihannya masing-masing. (amd)

Komentar

News Feed