oleh

Keluarga Miskin Dapat Rp 150 Ribu Setiap Minggu

-Berita-169 views

MAMAKOTA,- Kementerian Sosial (Kemensos) bakal menyalurkan bantuan sembako kepada keluarga miskin di DKI Jakarta. Langkah itu dilakukan menyusul pemberlakuan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di Jakarta.

Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara menerangkan, bantuan itu ditujukan untuk masyarakat rentan yang terdampak virus corona (Covid-19), terutama untuk keluarga miskin yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP), guru kontrak kerja, guru honorer, penghuni rumah susun (Rusun), dan pekerja harian yang tinggal di DKI Jakarta.

“Presiden Jokowi telah menugaskan Kementerian Sosial untuk menyalurkan bantuan khusus. Pertama, berupa sembako kepada keluarga rentan yang tinggal di Jakarta,” kata Juliari dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR di Jakarta, kemarin.

Raker dengan Komisi VIII dengan topik “Realokasi Anggaran Penanggulangan Covid-19” ini digelar melalui video conference dengan dipimpin Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto. Raker diikuti para wakil ketua dan anggota dengan total 48 dari 52 anggota.

Sesuai arahan Presiden, lanjut Juliari, besarnya bantuan sembako senilai Rp 600.000 per bulan yang disalurkan setiap minggu selama 3 (tiga) bulan. Jadi bantuan disalurkan senilai Rp 150.000 per minggu dengan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan swasta.

Juliari menyebutkan anggaran yang dibutuhkan untuk menjalankan program itu sebesar Rp 3,6 triliun. Menurutnya, Pemerintah Provinsi DKI jakarta mengusulkan penerima bantuan 1.218.766 Kepala Keluarga (KK) atau 2.517.075 jiwa. Data itu sedang dalam proses pemadanan dengan DTKS. (*/RM)

Komentar

News Feed