oleh

Kemenag Akan Pantau Hilal Di 82 Titik Lokasi

-Berita-169 views

MAMAKOTA,- Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Ramadan 1441H/2020M pada Kamis (23/4).

Pantauan dilakukan di 82 lokasi di seluruh daerah. “Titik pantau terbanyak di Jawa Timur 27 lokasi, dan Jawa Barat dengan 8 lokasi,” ungkap Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta, kemarin.

Dia memaparkan, untuk wilayah di Jawa Barat, lokasi pantauan dilakukan di Cibeas Pelabuhan Ratu, Bosscha Lembang Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Gunung Babakan Kota Banjar, Pantai Santolo Pamengpeuk Kabupaten. Garut, Pantai Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, Pantai Gebang Kabupaten Cirebon, SMA Astha Hannas Binong Kabupaten Subang, dan Pantai Pondok Bali Kabupaten Subang.

Nantinya, hasil Rukyatul Hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan waktu ibadah puasa dimulai.

Dia menuturkan, sehubungan kondisi pandemi corona (Covid-19), sidang isbat akan digelar dengan skema berbeda. Pihaknya akan memanfaatkan sarana teleconference dalam sidang isbat tahun ini. (*/RM)

News Feed