oleh

Kemenristek Gencar Kembangkan Vaksin Corona

-Berita-188 views

MAMAKOTA,- Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) membentuk Konsorsium penanggulangan virus corona (Covid-19). Salah satu programnya, membuat vaksin virus asal China tersebut.

Anggota Konsorsium itu antara lain Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Penelitian (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Selain itu, Lem baga Biologi Mo lekul Eijkman, Universitas Indonesia (UI), Uni versitas Gadjah Mada (UGM), Institute Per tanian Bogor (IPB) dan Institute Teknologi Bandung (ITB).

“Pembentukan Konsorsium itu merupakan bentuk dukungan Kemenristek/BRIN terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Kami sudah menganggarkan Rp 20 miliar untuk membiayai program-program Konsorsium dalam menanggulangi Covid 19,” ungkap Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Kamis (25/3).

Bambang menjelaskan, anggaran itu diambil dari relokasi anggaran kementeriannya yang disisihkan dari anggaran belanja rutin dan perjalanan dinas. Menurutnya, anggaran itu tidak menutup kemungkinan akan ditambahkan jika diperlukan.

Bambang menerangkan, Konsorsium memiliki program jangka pendek, menengah dan panjang. Dalam jangka pendek antara lain meneliti berbagai bahan makanan alami yang dibutuhkan masyarakat untuk mencegah penularan virus corona.

Selain itu, mengembangkan alat pelindung diri (APD) seperti masker, pembersih tangan, dan membuat disinfektan. Untuk Jangka menengah, Konsorsium Covid-19 antara lain akan mengembangkan pembuatan alat deteksi virus corona (test kit). Dan, untuk jangka panjang, mengembangkan vaksin Covid-19. (*/RM)

News Feed