oleh

Kenaikannya Sudah Dibatalkan, Iuran BPJS Kapan Turunnya

-Berita-258 views

MAMAKOTA,- Mahkamah Agung sudah membatalkan kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Namun belum jelas kapan iuran BPJS akan kembali ke nominal sebelumnya. Mahkamah Agung (MA) mengungkapkan alasan utama membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan karena sangat membebani masyarakat.

Kabiro Humas MA, Abdullah mengatakan, pertimbangan majelis hakim, negara memiliki kewajiban menjamin kesehatan warganya dan beban hidup yang ditanggung warga.

Namun Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, putusan itu dapat memengaruhi ketahanan lembaga jaminan sosial tersebut. Dia menjelaskan, keputusan kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang tertuang dalam perpres tersebut diambil pemerintah dengan mempertimbangkan seluruh aspek.

Aspek yang dimaksud antara lain, keberlangsungan program jaminan kesehatan nasional dan keadilan. Dia menyebutkan, kini terdapat 96,8 juta masyarakat yang dianggap tidak mampu dan dibayar negara. Sehingga bagi yang mampu, diminta ikut bergotong-royong.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari, BPJS Kesehatan mengaku belum tahu kapan penurunan tarif berlaku. (*/RM)

Komentar

News Feed