oleh

Kepala Daerah Minta KRL Di Jabodetabek Stop Operasi

-Berita-148 views

MAMAKOTA,- Sejumlah kepala daerah mendesak pemberhentian layanan KRL selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jabodetabek. Desakan ini muncul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Mereka meminta Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk menyetop layanan KRL selama PSBB. Anies menyampaikan usulan itu kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Menhub Ad Interim, Luhut Pandjaitan pada Selasa (14/4).

Berbeda dengan Anies, Emil menyampaikan usulan penyetopan operasional KRL kepada PT KCI sebagai operator. Hal ini sebagai langkah tindak lanjut dari usulan lima kepala daerah tingkat kota dan kabupaten di Bogor, Depok dan Bekasi.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim menyampaikan, usulan penghentian izin operasional KRL diharapkan mampu menekan penyebaran Covid-19. Pasalnya, situasi penumpukan penumpang yang terjadi di beberapa stasiun KRL beberapa hari lalu, merupakan bukti masih lemahnya penerapan protokol Covid-19.

Sementara, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto berharap, PT KCI ikut mendukung pengoptimalan penerapan PSBB di Jabodebek. Menurut Tri, ada dua usulan skenario yang disampaikan kepada PT KCI terkait pengoptimalan penerapan PSBB. Skenario pertama, aktivitas transportasi KRL diberhentikan sementara. Skenario kedua adalah pengurangan jadwal KRL. (*/RM)

Komentar

News Feed