oleh

Keputusan Pemerintah Larang Mudik Sudah Tepat

-Berita-128 views

MAMAKOTA,- Direktur Riset Pusat Kajian Visi Teliti Saksama (Visi) Nugroho Pratomo menilai, keputusan pemerintah yang melarang mudik di tengah pandemi virus corona (Covid-19) sangat tepat. “Keputusan itu sudah tepat,” tegas Nugroho melalui keterangan tertulisnya.

Menurut Nugroho, penting untuk mematuhi keputusan pemerintah. Masyarakat diminta menahan diri tidak mudik sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas.

“Upaya ini untuk membatasi penularan, selain pemberlakuan PSBB di beberapa daerah, penggunaan masker, rajin mencuci tangan dengan benar, menjaga kebersihan lingkungan dan lain sebagainya,” katanya.

Hal ini mengacu pada hasil uji analisis Visi yang menunjukkan banyaknya kontak antara individu hingga terinfeksi Covid-19 adalah sekitar 34 kali per hari. Terinfeksi di sini belum tentu menunjukkan gejala sakit, termasuk orang dalam pemantauan (ODP) dan asimtomatik.

Ini berarti, jika tidak dilakukan berbagai intervensi untuk memutus mata rantai penularan, frekuensi paparan per hari dari tiap individu akan terpenuhi dan menyebabkan penularan. Individu yang rentan terinfeksi diperkirakan akan mengalami masa inkubasi selama 6,5 hari hingga menjadi sakit.

Sementara itu, durasi penyakit hingga sembuh diprediksi memakan waktu sekitar 20 hari, namun tetap tergantung tingkat imun dan kualitas penanganan. (*/RM)

News Feed