oleh

Ketua MPR: Awasi Distribusi Bansos Agar Tepat Sasaran

-Berita-217 views

MAMAKOTA,- Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong institusi pemerintah memastikan bantuan sosial (Bansos) yang dialokasikan kepada warga terdampak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tepat sasaran.

Pasalnya, pemerintah telah mengalokasikan beragam bantuan bagi warga terdampak PSBB, termasuk Bansos untuk ibu hamil, anak usia dini hingga kelompok warga disabilitas.

“Pandemi virus corona telah menimbulkan penderitaan bagi jutaan orang. Dalam situasi seperti sekarang, negara memang harus menyediakan jaring pengaman sosial untuk membantu warga yang kekurangan,” ujar Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo di Jakarta, kemarin.

Mantan Ketua DPR ini mengingatkan, jutaan pekerja harian di sektor informal dan karyawan kontrak telah kehilangan pekerjaan, sebagai dampak pandemi virus corona. Dia meyakini, jumlah tersebut akan bertambah setelah Bogor, Bekasi dan Depok juga menerapkan PSBB.

Saat ini, para pekerja harian yang masih bisa bekerja, seperti pedagang kaki lima di perkotaan dan pengemudi transportasi online, juga mengalami penurunan pendapatan sangat tajam. Sebab, masyarakat memilih berdiam, melakukan kegiatan di dalam rumah.

Dia berharap kementerian dan pemerintah daerah sebagai penanggungjawab penyaluran Bansos cekatan dalam mendata warga yang layak menerima. Pendataan harus dilakukan secara cepat dan tanpa mengabaikan akurasi, agar penyaluran Bansos tepat sasaran. (*/RM)

News Feed