oleh

Kita Sedang Perang Dengan Musuh Yang Tidak Nampak

-Berita-165 views

MAMAKOTA,- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, menangulangi virus corona (Covid-19) sama seperti perang. Dia mengajak semua pihak meningkatkan sinergisitas untuk memenangkan pertempuran.

“Kita sedang perang dengan musuh yang tidak nampak, Covid-19. Kita semua, pusat, daerah dan swasta, harus bersinergi, saling mendukung dan menguatkan,” ungkap Tito, saat rapat via video conference dengan jajaran penegak hukum di Jakarta, kemarin.

Tito menuturkan, istilah perang dalam menanggulangi Covid-19 sudah banyak digunakan banyak negara. Misalnya, India menggunakan istilah war on Covid. Selain itu, Inggris dan Amerika. Kedua negara itu juga menggunakan istilah war.

Tito mengingatkan, perang tidak mengenal siapa targetnya, kaya mau miskin, pejabat mau bawahan, laki maupun perempuan, polisi, tentara, siapa saja bisa terserang. Oleh sebab itu, untuk menghadapinya, diperlukan strategi yang tepat dan terukur.

Prinsipnya, kesehatan publik harus diutamakan tetapi roda perekonomian sebisa mungkin harus tetap bergerak. Jangan sampai jatuh terlalu dalam.

Untuk mendukung penangulangan virus corona, Tito mengaku telah menerbitkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 yang isinya memberikan kewenangan kepada kepala daerah untuk melakukan realokasi dana dan refocussing anggaran.

Pihaknya mendorong relokasi dan refocussing anggaran ini antara lain untuk meningkatkan kapasitas kesehatan dan penanggulangan Covid-19 dengan membentuk gugus tugas. (*/RM)

Komentar

News Feed