oleh

KPK Mau Cermati Pemberian Diskon Hukuman Untuk Romi

-Hukum-122 views

Jubir: JPU Telah Terima Salinan Putusan PT

MAMAKOTA,- Komisi Pemberantasan Korupsi segera menganalisis pertimbangan putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta yang meringankan hukuman mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy alias Romi.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali Fikri mengatakan, jaksa penuntut umum (JPU) KPK telah menerimanya salinan putusan tersebut pada Kamis (23/4).

“Benar, setelah kami cek, tim JPU KPK pada Kamis sore telah menerima salinan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta tersebut,” ucap Ali kepada wartawan, Jumat (24/4). **Baca juga: Pengamat: Sangat Aneh Kalau KPK Tidak Geledah Kantor PDIP

Ali menambahkan, KPK menghormati putusan majelis hakim PT Jakarta yang memotong satu tahun hukuman Romi yang telah diputus oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

“Memang jika dibandingkan tuntutan JPU KPK, putusan PT DKI tersebut dapat dibilang rendah, tetapi  setiap putusan majelis hakim tentu harus kita hargai dan hormati,” kata Ali.

Dia menjelaskan, tim jaksa KPK akan menganalisis pertimbangan putusan hakim PT Jakarta untuk menentukan sikap selanjutnya. “Sesuai dengan mekanisme, tim JPU KPK akan menganalisis pertimbangan putusan tersebut dan segera mengusulkan penentuan sikap berikutnya kepada pimpinan KPK.” **Baca juga: BPJS TK Bisa Dicurigai Seperti Jiwasraya

PT Jakarta mengabulkan permohonan banding dari Romi. Hukuman Romi dipotong menjadi satu tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider tiga bulan penjara. Hal itu lebih rendah dibanding putusan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta yang menghukum Romi dua tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider tiga bulan penjara pada 20 Januari 2020. (*/UG)

Komentar

News Feed