oleh

Lafaz Azan Di Timur Tengah Berubah

-Berita-380 views

Ayo Kita Salat Jadi Salatlah Di Rumah

MAMAKOTA,- Negara-negara di Timur Tengah terus membatasi warganya keluar rumah untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya dengan meminta warganya tidak salat di masjid dulu. Lafaz azannya pun diubah dari ayo kita salat jadi salatlah di rumah.

Pergantian lafaz azan itu diketahui dari sebuah video yang di media sosial. Pada video itu, seorang muazin di Kuwait mengganti lafaz ayo kita salat dengan salatlah di rumah kalian masing-masing. Bahkan sang muazin sampai menahan tangis.

Video berdurasi pendek ini dibagikan oleh Twitter resmi Al Jazeera @AJArabic. “Dalam nada sedih atas pemisahan para umat, masjid di #Kuwait menyerukan untuk berdoa di rumah sebagai bagian dari upaya memerangi wabah #corona,” cuitnya akun tersebut.

Pada video lain yang beredar, yang diduga terjadi di negara Arab, lafaz azan juga mengalami penambahan salatlah kalian di rumah kalian masing-masing. Kementerian Urusan Wakaf dan Urusan Islam Kuwait mengumumkan, salat lima waktu yang biasanya diadakan berjamaah di masjid, ditiadakan. Perubahan ini berlaku sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Penambahan dan perubahan azan ini bukan hal yang aneh. Nabi Muhammad SAW pernah memerintah azan dengan perubahan lafaz ketika cuaca sangat dingin atau hujan deras. Otoritas Kuwait juga meliburkan semua kegiatan dari 12-26 Maret. Namun, pelayanan publik yang layanan vital tetap buka. Selain itu, pihak berwenang telah melarang pertemuan di restoran, kafe, dan pusat komersial. (*/RM)

Komentar

News Feed