oleh

Lantaran Corona UN Dihapus Lebih Cepat

-Berita-253 views

MAMAKOTA,- Penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin cepat, membuat Ujian Nasional (UN) tahun 2020 terpaksa ditiadakan. Kebijakan ini mempercepat penghapusan UN yang seharusnya dilakukan tahun 2021.

Penghapusan UN tahun ini awalnya sudah dibicarakan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Komisi X DPR yang membidangi soal pendidikan. Rapat menyepakati UN 2020 ditiadakan karena virus corona.

Keputusan ini kemudian dibawa ke dalam rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi. Jokowi pun akhirnya memutuskan menghapus UN 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona.

UN 2020 ditiadakan untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). UN 2020 juga ditiadakan di madrasah, yakni Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Pembatalan UN 2020 ini menimbulkan polemik di masyarakat. Banyak pihak yang bertanya-tanya, mengenai bagaimana metode penilaian sebagai pengganti UN. Terutama penilaian bagi siswa yang akan lulus. Pasalnya, saat ini UN tidak hanya dipakai sebagai patokan kelulusan. Nilai UN juga masih digunakan sebagai syarat penerimaan siswa di sekolah-sekolah negeri, pada jenjang selanjutnya. (*/RM)

News Feed