oleh

Larangan Mudik Lebaran Masih Jadi Pro Dan Kontra

-Berita-196 views

MAMAKOTA,- Pemerintah sedang mempertimbangkan untuk melarang masyarakat mudik pada hari raya Idul Fitri tahun ini. Hal itu bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) Covid-19 agar tidak semakin meluas ke seluruh Indonesia.

Larangan mudik adalah skenario terakhir yang disiapkan pemerintah, dari tiga skenario yang tersedia.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Menko Maritim dan Investasi (Marves) dan Kemenko Marves Jodi Mahardi. Dua skenario lainnya pertama adalah business as usual, atau mudik seperti biasa.

Kemudian yang kedua adalah skenario untuk bukan melarang mudik, tapi meniadakan mudik gratis yang selama ini dilakukan oleh berbagai perusahaan. Mengenai mudik gratis sudah dibatalkan duluan oleh Kementerian Perhubungan, sebelum skenario mudik 2020 ditetapkan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kemenhub, Budi Setiyadi menerangkan, keputusan itu diambil dalam rangka mendukung kebijakan physical distancing untuk menanggulangi penyebaran Covid-19.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, sudah membahas ketiga skenario mudik tersebut. Hal itu dilakukan bersama kementerian terkait, yaitu Kemenko Polhukam Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, BNPB.

Pembahasan skenario mudik ini pun menimbulkan pro-kontra di masyarakat. Sebab mudik sudah menjadi tradisi di Indonesia, karena banyak warga dari daerah yang bekerja di berbagai kota besar. (*/RM)

Komentar

News Feed