oleh

Manahan Sitompul Jadi Hakim Konstitusi Lagi

-Hukum-88 views

Untuk Periode 2020-2025

MAMAKOTA,- Manahan MP Sitompul kembali dilantik Presiden Joko Widodo sebagai hakim konstitusi periode 2020-2025. Masa jabatan Manahan terhitung habis pada 28 April 2020, karena itulah Jokowi kemudian menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) 42/P Tahun 2020 tentang Pengangkatan Kembali Hakim Konstitusi yang berasal dari MA.

Dalam siaran virtual yang disiarkan dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (30/4), seusai melantik dan menyaksikan sumpah jabatan Ketua Mahkamah Agung (MA) terpilih Muhammad Syarifuddin, Jokowi langsung menyaksikan pengucapan janji hakim konstitusi oleh Manahan.

Prosesi pengucapan sumpah jabatan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, yakni berupa physical distancing dan penggunan masker. Namun saat membacakan sumpah jabatannya Manahan  membuka maskernya guna memperjelas artikulasi.

“Demi Tuhan saya berjanji bahwa saya dengan sungguh-sungguh memenuhi kewajiban saya sebagai hakim konstitusi dengan sebaik baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya  serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” begitu Manahan berjanji.

Seusai melangsungkan pengucapan sumpah jabatan, Jokowi dan Manahan menandatangi berita acara pengucapan janji hakim konstitusi. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat yang didahului oleh Presiden Jokowi, disusul pejabat lainnya,  di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Sebagai informasi, masa jabatan Manahan sebagai hakim konstitusi berakhir pada 28 April 2020. Sebelum diangkat menjadi hakim konstitusi, pria kelahiran Tarutung, 8 Desember 1953 ini dalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin. Manahan memulai karier hakim sejak dilantik menjadi hakim di Pengadilan Negeri Kabanjahe pada 1986, kemudian dipindahkan ke beberapa tempat di Sumatera Utara sambil menyelesaikan kuliah S2-nya. Pada 2005, Manahan diangkat sebagai Wakil Ketua PN Sragen. (*/UG)

News Feed