oleh

Mantan Rektor UIN Jadi Tim Penyusun Materi Debat Pilkada

-Politik-19 views

SERPONG, MAMAKOTA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangerang Selatan menyerahkan perumusan materi debat Pilkada Tangsel 2020 kepada tim penyusun yang terdiri dari para pakar dan akademisi. Debat kandidat Pilkada Tangsel akan digelar 22 November dan 3 Desember 2020.

Ketua KPU Tangsel Bambang Dwitiro mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat pleno dengan tim penyusun materi debat kandidat tersebut.

“Kami (KPU Kota Tangerang Selatan) sudah melakukan rapat pleno, menentukan tim yang merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk debat tersebut,” ujar Bambang saat di wawancara, Selasa (03/11/2020).

Tim penyusunan materi debat tersebut terdiri dari 5 orang, antara lain Prof Komarudin Hidayat sebagai ketua, Prof Andrianus Maliala dari Ombudsman RI, Endang Sulastri Wakil Rektor UMJ, Radhar Panca Dahana dan terakhir Eka Purna Yudha dari IPB sebagai perencanaan kota.

Poin-poin terkait materi debat Pilkada juga sudah tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020, tentang upaya mangatasi masalah di Kota Tangerang Selatan seperti banjir, sampah, macet, dan lain sebagainya. Setelah pertemuan itu tim pembuat materi juga harus melakukan pertemuan terbatas untuk menyusun pertanyaan.

Dia memastikan KPU Tangsel tidak terlibat dalam proses penyusunan materi debat kepada lima pakar tersebut. Untuk masalah penyiaran debat Pilkada Tangsel 2020, KPU akan menyiarkan melalui dua lembaga penyiaran swasta. “Kemungkinan kita akan menentukan penyiarannya ditingkat Nasional antara lain Kompas TV, TV One, lalu Metro TV dan yang kita akan ambil hanya dua. Sampai saat ini proses penentuan tersebut masih berstatus lelang di KPU Provinsi,” ungkapnya. (ahmad)

News Feed