oleh

Mas Menteri Serahkan Sekolah Tatap Muka ke Daerah

-Berita-52 views

MAMAKOTA,- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim alias Mas Menteri membolehkan sekolah tatap muka lagi awal tahun depan. Namun, pembukaan sekolah diserahkan ke pemda atau kantor wilayah kementerian agama.

Itu merupakan keputusan bersama empat menteri; Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, Menteri Agama Fachrul Razi, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Hari ini, pemerintah melakukan penyesuaian kebijakan memberikan keweanangan kepada pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama, untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di bawah kewenangannya,” ujar Mas Menteri saat Pengumuman Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap TA 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19 secara virtual yang disiarkan akun Youtube Kemendikbud, Jumat (20/11).

Kata Nadiem, izin pemberian kewenangan dapat dilakukan secara serentak atau bertahap. Ini bergantung kepada kesiapan masing-masing daerah dan wilayah. “Sesuai dengan diskresi kepala daerahnya berdasarkan evaluasi kepala daerahnya. Mana yang sudah siap mana, mana yang tidak. Ini tergantung kesiapan sekolah masing-masing dalam memenuhi semua checklist untuk melakukan tatap muka dan melaksanakan protokol kesehatan ketat.”

Kebijakan pemberian kewenangan kepada daerah untuk membuka pembelajaran tatap muka akan berlangsung pada semester Genap Tahun Ajaran (TA) 2020/2021 atau Januari tahun depan. Karenanya, sekolah masih punya waktu untuk mempersiapkan diri menuju pembelajaran tatap muka. “Mulai bulan Januari 2021. Jadi daerah dan sekolah dari sekarang sampai akhir tahun meningkatkan kesiapannya jika ingin melakukan pembelajaran tatap muka.” (red/usman)

Komentar

News Feed