oleh

Masih Darurat, Kemenag Tutup Layanan Nikah

-Hukum-236 views

MAMAKOTA,- Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau agar masyarakat menunda acara akad nikah selama keadaan masih darurat virus corona (Covid-19). Sebab, Kantor Urusan Agama (KUA) tidak akan melayaninya.

Perintah penghentian layanan itu tertuang dalam surat edaran terkait protokol penanganan Covid-19. Surat itu sudah disampaikan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi dan penghulu.

“Kami telah menerbitkan edaran baru per 2 April 2020. Permohonan pelaksanaan akad nikah di masa darurat Covid-19 untuk pendaftaran baru tidak dilayani. Kami meminta masyarakat menunda pelaksanaannya,” ungkap Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, kemarin.

Namun begitu, Kamaruddin memastikan pendaftaran layanan pencatatan nikah tetap dibuka. Namun, mekanisme pendaftarannya tidak dengan tatap muka di KUA, tapi secara online melalui web simkah. kemenag.go.id. Hanya, pelaksanaan akadnya tidak boleh dilakukan dalam masa darurat Covid-19.

Di masa darurat Covid-19, lanjut Kamaruddin, pelaksanaan akad nikah hanya dilayani bagi calon pengantin yang sudah mendaftarkan diri sebelum 1 April 2020. Pelayanan akad nikah itu pun hanya akan dilaksanakan di KUA. Layanan di luar KUA ditiadakan.

“Aturan ini dibuat dalam kondisi kedaruratan kesehatan karena wabah Covid-19. Saya harap masyarakat bisa memahami dan menyesuaikannya,” harap Kamaruddin. Dia meminta, jajaran KUA meningkatkan koordinasi, mematuhi serta menyelaraskan penyelenggaraan layanan masyarakat sesuai dengan kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayahnya. (*/RM)

News Feed