oleh

Memilih

MAMAKOTA,- Tindakan memilih merupakan bagian dari kehidupan. Setiap hari, bahkan setiap saat, orang melakukannya. Ada yang direncanakan, ada yang sudah menjadi rutinitas keseharian, misalnya, memilih saluran televisi atau memilih jenis makanan.

Memilih saluran televisi sebenarnya termasuk hal yang sederhana. Akan tetapi, kadang menjadi rumit ketika orangtua dan anak-anaknya berbeda selera tontonan, sementara di rumah hanya ada satu pesawat televisi. Begitulah juga menyangkut urusan makanan, kadang menimbulkan masalah.

Yang agak rumit atau benar-benar rumit adalah ketika harus memilih istri atau suami. Orangtua pasti terlibat. Mereka ikut menilai kualitas (bobot, bibit, bebet) calon istri atau suami. Keputusan oragtua bersifat final dan mengikat. Itulah sebabnya pacaran bertahun-tahun bukan jaminan akan sampai ke pelaminan.

Ini masih ada kaitannya dengan urusan memilih. Pada Desember tahun ini akan digelar pemilihan kepala daerah serentak, termasuk di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Calon-calon kepala daerah sudah ditawarkan oleh partai politik pengusung. Semua keunggulan calon-calon kepala daerah itu disebut. Sama sekali tidak ada kelemahannya, seakan-akan orang-orang itu baru diturunkan dari langit ketujuh. Seolah-olah mereka itu bukan orang Indonesia.

Calon-calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada 2020 sudah mengeluarkan banyak dana dan mereka yakin terpilih, sama yakinnya dengan para pemimpin partai pengusung serta orang-orang kepercayaan mereka. Itulah sebabnya mereka selalu pasang senyuman.

Bagaimanapun, masyarakat pemilik hak pilihlah yang akan menentukan nasib para calon kepala daerah itu. Pada hari-H Pilkada 2020, masyarakat bebas memilih siapa pun di antara calon-calon kepala daerah yang ditawarkan, dan itu rahasia.

Pengalaman menunjukkan, sejumlah kepala daerah yang pada masa kampanye tampak tanpa cela akhirnya masuk penjara. Mereka dinyatakan bersalah telah melakukan perbuatan tercela. Ada yang makan uang haram, terlibat kasus asusila atau KDRT, ada pula yang terjerat peredaran narkoba. Dan itu bukan rahasia. (*)

News Feed