oleh

Mendes Bentuk 20 Ribu Desa Lawan Corona

-Berita-172 views

MAMAKOTA,- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, sebanyak 20.708 desa telah membentuk tim desa lawan virus corona (Covid-19). Tim ini dibentuk untuk melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Berdasarkan data yang kami terima, dari 20.708 desa terdapat 558.205 orang relawan desa lawan Covid-19. Mereka bertugas mencegah, menangani dan melakukan koordinasi intensif dengan dinas kesehatan, dinas pemberdayaan masyarakat desa dan badan penanggulangan bencana daerah,” ungkap Halim, di Jakarta, kemarin.

Untuk anggaran, Halim mengaku sudah teridentifikasi lebih dari Rp 586 miliar dialokasikan perangkat desa untuk penanganan Covid-19. Anggaran itu antara lain digunakan masyarakat desa untuk pendirian pos tim yang tersebar di 17.141 desa dan pendirian ruang isolasi yang tersebar di 4.826 desa. Pembentukan relawan Covid-19 merupakan implementasi dari Surat edaran Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa yang dikeluarkan Menteri Halim.

Dalam surat itu, Halim mengintruksikan membentuk relawan desa yang diketuai kepala desa dengan wakilnya ketua badan permusyawaratan desa dengan anggotanya yang terdiri dari perangkat desa, anggota BPD, kepala dusun, ketua RW, ketua RT, bidan desa, tokoh agama, adat, masyarakat, karang taruna, kader penggerak masyarakat desa, dan pendamping lokal desa yang berdomisili di desa.

Halim menjelaskan, dalam tugasnya, relawan desa melakukan pencegahan dengan melakukan edukasi melalui sosialisasi yang tepat dengan menjelaskan perihal informasi terkait dengan Covid-19, baik gejala, cara penularan, maupun langkah-langkah pencegahan lainnya. (*/RM)

News Feed