oleh

Mendes Izinkan Dana Desa Buat Bangun Pos Jaga

-Berita-196 views

MAMAKOTA,- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengizinkan dana desa dipergunakan untuk membuat pos jaga desa. Hal itu guna melindungi desa dari pendatang yang dikhawatirnya membawa virus corona (Covid-19).

Halim mengatakan, pos jaga yang ditempatkan di setiap gerbang masuk desa dapat dikelola oleh relawan desa yang telah dibentuk oleh masingmasing desa.

Nantinya, pos jaga desa berfungsi memantau mobilitas keluar masuknya warga ke desa. Menurutnya, warga yang keluar masuk desa dalam kepentingan apapun, harus tercatat dan terdata dengan rapi dan jelas.

“Pos jaga desa ini penting di gerbang masuk desa. Tugasnya memantau mobilitas keluar masuknya warga. Jadi warga yang keluar ditanya mau ke mana, dari mana, ada formulir yang sudah disiapkan. Format formulirnya sudah disiapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Kemudian formulir tersebut diisi baik oleh petugas pos jaga ataupun oleh warga secara mandiri,” jelas Halim.

Menurutnya, pos jaga desa wajib menanyakan dengan jelas terkait lokasi yang akan dituju warga yang akan bepergian. Jika lokasi yang akan dituju tersebut merupakan kawasan yang telah terpapar corona, maka petugas pos jaga desa wajib menyarankan warga tersebut untuk mengurungkan keinginannya.

“Ditanya mau ke mana, kalau misalnya mau ke daerah yang sudah betul-betul parah terpapar Covid-19, sebaiknya pos jaga desa menyarankan agar tidak kesana. Warga diberikan pemahaman betul, agar jangan sampai ketika pulang justru membawa virus Covid-19,” katanya.

Selain mendata warga desa, lanjut Halim, pos jaga desa juga harus melakukan pemeriksaan terhadap suhu badan warga yang hendak keluar maupun yang hendak masuk ke desa. Hal ini bertujuan untuk memantau dan memastikan kesehatan warga yang keluar masuk desa. (*/RM)

News Feed