oleh

Mendikbud Minta Kepala Sekolah Jangan Takut Pake Dana BOS

-Berita-235 views

Disarankan Buat Bayar Gaji Non ASN

MAMAKOTA,- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meminta, kepala sekolah tidak takut menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Kesetaraan, untuk menggaji guru honorer atau non Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kami sudah memberikan arahan fleksibilitas kepada kepala sekolah, tetapi masih ada sejumlah kepala sekolah tidak percaya diri (takut) menerapkan. Makanya, kami cantumkan di peraturan yang artinya secara eksplisit diperbolehkan,” kata Nadiem, di Jakarta, kemarin.

Seperti diketahui, Nadiem membuat kebijakan membolehkan sekolah membayar gaji guru honorer dengan mengguna­kan dana BOS/BOP. Kebijakan itu dikeluarkan dalam rangka mendukung pelaksanaan pem­belajaran dari rumah sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Plt Dirjen GTK) Kemendikbud Supriano men­jelaskan, regulasi membolehkan penggunaan dana BOS/BOP diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19 Tahun 2020.

Dalam aturan itu juga diterangkan bahwa persentase pembayaran honor tidak lagi dibatasi maksimal 50 persen, tetapi bisa lebih. Selain soal pembayaran, syarat guru honorer yang bisa menerima gaji itu juga dibuat lebih flek­sibel. Tidak lagi dibatasi untuk guru yang memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidi­kan (NUPTK) saja tetapi juga guru honorer yang terdaftar di data pokok pendidikan sebelum 31 Desember 2019. (*/RM)

News Feed