oleh

Menkes Keluarkan Pedoman PSBB

-Berita-182 views

Jubir Covid-19: Tindak Lanjut Soal Jaga Jarak Fisik

MAMAKOTA,- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor  9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Permenkes ini mengatur tata cara PSBB untuk penerapan oleh pemerintah daerah.

“Tujuannya adalah membatasi komunikasi kontak social fisik skala besar,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19  di Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Senin (6/4).  

Menurut dia, Permenkes 9/2020 merupakan tindak lanjut dari upaya untuk menjaga jarak fisik secara lebih besar lagi agar masyarakat meyakini bahwa transmisi penyakit dari orang yang sakit kepada yang sehat bias dihentikan.

Alasan lain  dikeluarkannya Permenkes adalah menghadapi kenyataan kasus positif korona yang semakin hari terus bertambah serta angka kematian yang juga terus bertambah banyak.

“Ini disebabkan karena kita masih melihat penambahan jumlah kasus yang terus-menerus meningkat, jumlah kematian dan penyebaran yang sangat cepat kebeberapa wilayah di sekitarnya,” jelasnya.

Adapun untuk meminimalisir penularan yang terjadi di lingkungan masyarakat, pemerintah akan terus melakukan kajian untuk mencari cara untuk menghentikan penyebaran wabah asal Wuhan, Cina,ini.

“Oleh karena itu kita terus-menerusakan melakukan kajian epidemiologi untuk membatasi mobilitas manusia sebagai pembahasan pembawa penyakit ini,” ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan itu. (*/UG)

News Feed