oleh

Menko PMK Minta Anies dan Juliari Perbarui Data Penerima Bansos

-Berita-175 views

MAMAKOTA,- Bantuan sosial tahap pertama di wilayah DKI Jakarta telah selesai didistribusikan. Namun, harus diakui kalau penyaluran bansos berupa sembako tersebut masih banyak kekurangan. Salah satunya, pemberian bansos itu belum tepat sasaran.

Untuk itu Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, meminta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Menteri Sosial Jualiari P Batubara memperbaiki data warga penerima bantuan sosial (bansos) di Jakarta. **Baca Juga: Bansos Tahap Kedua 8 Mei

“Perlu sinergi data kelompok penerima manfaat dengan bansos lainnya, termasuk usulan baru sehingga penyaluran bansos Presiden dan bansos dari daerah dapat bersinergi,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/5).

Muhadjir menekankan kepada Pemprov DKI pentingnya memperbaiki data penerima bantuan agar di masa mendatang dipastikan tepat sasaran. Dirinya juga menyebut momen ini dapat dimanfaatkan untuk pemuktahiran data dan melengkapi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Untuk Pak Mensos dan Pak Gubernur DKI mohon dipastikan betul-betul data penerima bansos Presiden ini agar tak kembali terjadi tumpang tindih data untuk pembagian gelombang kedua pada pekan ketiga bulan Mei,” ucap mantan Mendikbud tersebut.

Menurut dia, saat ini bansos yang akan diberikan Presiden kepada masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah DKI Jakarta juga sudah hampir rampung. Namun, sekali lagi, harus ada koordinasi yang bagus agar tidak terjadi tumpang tindih data yang justru akan merugikan masyarakat. (*/UG)

News Feed