oleh

Meski Siaga Satu, PON XX Papua Tetap Berlanjut

-Hukum-95 views

MAMAKOTA,- Dalam beberapa hari belakangan ini terjadi kontak senjata antara separatis dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan aparat kepolisian, salah satunya di Distrik Tembagapura.

Untuk mengatasi hal ini, Mendagri, Jenderal Tito Karnavian mengizinkan aparat keamanan untuk lebih waspada terhadap gerombolan bersenjata di sana.

Tito menyebut, tindakan tegas harus diberlakukan jika pendekatan soft approach tidak mempan mengatasi para “teroris” itu. Tito berada di kantor Kemenko Polhukam untuk mengikuti rapat koordinasi tingkat menteri membahas persiapan perhelatan PON XX di Papua dan MTQ ke VIII di Papua Barat.

Kontak tembak antara OPM dengan aparat tidak mengurungkan niat pemerintah menunda rencana pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020.

Rapat dipimpin Menko Polhukam, Mahfud MD. Rapat tertutup untuk media. Rapatnya cukup lama. Mulai pukul 13.30 hingga pukul 15.00.

Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan, PON tetap berjalan sesuai agenda yang direncanakan pemerintah, yakni pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 mendatang.

Mahfud menyebut Polri telah memberikan jawaban terkait kondisi di Papua. Gangguan dari kelompok-kelompok bersenjata tersebut telah diatasi berdasarkan standar operasional prosedur (SOP) yang ada di Polri.

Aparat keamanan pun mulai memperketat pengamanan di wilayah tersebut. Personel TNI dan Polri dikerahkan ke lokasi itu dengan meningkatkan status siaga satu.(*)

Komentar

News Feed