oleh

Mudik dan Pulang Kampung Itu Beda

-Berita-140 views

MAMAKOTA,- Soal mudik, data Kementerian Perhubungan menyatakan sudah ada 900 ribu orang yang curi start untuk mudik dari Jakarta. Kata Jokowi, itu pulang kampung. Apa bedanya?

Menghadapi pandemi, muncul baku debat soal aturan mudik dilarang atau tidak. Data Kementerian Perhubungan menyatakan 900 ribu sudah kembali ke daerahnya dari Jakarta. Menurut Presiden Jokowi, itu bukan mudik, tapi pulang kampung.

“Kalau itu bukan mudik. Itu namanya pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan lalu mereka pulang karena anak istrinya memang ada di kampung,” kata Jokowi.

Pernyataan Presiden Jokowi soal mudik berbeda dengan pulang kampung jadi perdebatan panjang di medsos. Banyak yang dipake untuk menyerang. Banyak juga yang menjadikannya sebagai bahan lucu-lucuan.

Pernyataan Jokowi yang membedakan mudik dan pulang kampung itu keluar ketika merespons pertanyaan Najwa Shihab dalam program “Mata Najwa” yang tayang di Trans 7, Rabu malam kemarin.

Rekaman soal ini, juga diunggah kembali di kanal YouTube Najwa Shihab, kemarin. Hingga tadi malam, video dengan judul: Jokowi Diuji Pandemi-Jokowi: Mudik dan Pulang Kampung Itu Beda (Part 2), tampil trending #1 Youtube.

Vidoe itu sudah ditonton 1 juta lebih dan diramaikan 20 ribu lebih komentar. Dalam video itu, pada menit 9.43, Najwa menanyakan kepastian sikap pemerintah soal mudik. Najwa kemudian memaparkan data Kementerian Perhubungan yang menyebutkan sudah 900 ribu orang curi start mudik ke kampung halaman masing-masing. “Hampir 1 juta orang,” sebutnya.

“Kalau itu bukan mudik. Itu pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek. Di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya memang ada di kampung,” jawab Jokowi.

Najwa lalu mempertanyakan apa bedanya mudik dengan pulang kampung. “Kalau mudik itu di hari lebarannya,” terang Presiden. “Kalau yang namanya pulang kampung itu ya bekerja di Jakarta, tetapi anak istrinya ada di kampung,” lanjutnya.

Dua diksi inilah yang kemudian mengundang perdebatan. Selain itu, meme soal pulang kampung bertebaran di twitter. Isinya banyak yang ngeledek. Banyak juga yang lucu. (*/RM)

News Feed