oleh

MUI Izinkan Zona Hijau Solat Idul Fitri

-Berita-241 views

MAMAKOTA,- Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta pemerintah memberikan kelonggaran terhadap daerah yang masuk dalam zona hijau melaksanakan salat Idul Fitri bersama.

Wasekjen MUI Amirsyah Tambunan mengungkapkan, sesuai Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020, salat berjamaah di masjid, termasuk salat Ied bisa dilakukan di daerah yang masuk zona hijau atau penyebaran Covid-19 masih terkendali.

“Sebaliknya untuk daerah masuk zona merah, salat Id sangat dianjurkan dilakukan dirumah masing-masing,” ungkap Amirsyah.

Persoalannya, lanjut Amiesyah, ketentuan itu menjadi tidak pasti apabila pemerintah belum punya data yang yang jelas untuk melihat daerah mana saja yang berstatus zona merah dan hijau. Untuk membahas masalah itu, tentu membutuhkan partisipasi semua pihak.

Semua harus duduk bersama. Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Penanganan Covid-19, MUI, dan elemen masyarakat perlu membahasnya. “Harus dilihat satu per satu mana daerah yang merah, mana yang masih hijau,” lanjut dia.

Jika peta tersebut tidak tersedia, menurut Amirsyah, bakal ada keraguan dan rasa was-was apakah aman untuk melangsungkan salat Ied secara bersama-sama.

“Kalau kondisinya seperti ini, menurut saya, sebaiknya menahan diri, tetap salat jamaah di rumah. Termasuk salat Idul Fitri di rumah saja,” imbau Amirsyah.

Relaksasi atau pelonggaran di tempat ibadah saat pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sempat diusulkan dalam rapat antara Komisi VIII DPR dengan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi (11/5). (*/RM)

Komentar

News Feed