oleh

Nasdem Juga Ogah Karantina Wilayah

-Politik-95 views

MAMAKOTA,- Politikus Partai Nasional Demokrat(Nasdem) Irma Suryani Chaniago mendukung langkah pemerintah yang menetapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam menangani wabah korona. Dia menilai karantina wilayah belum saatnya dilakukan.

“Saat ini, baru beberapa provinsi yang berstatus darurat korona, sehingga memang belum saatnya untuk melangkah pada keputusan untuk melakukan karantina wilayah,” ujar Irma, Selasa (31/3).

Irma mengingatkan, untuk melakukan karantina wilayah, maka pemerintah wajib menyediakan kebutuhan dasar rakyat. Juga, menjamin kesehatan seluruh rakyat.

Ini termaktub dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan yang menjadi dasar dilakukannya kebijakan itu.

Dalam Pasal 8 tertulis,”Setiap orang mempunyai hak mendapatkan pelayanan kesehatan dasar sesuai kebutuhan medis, kebutuhan pangan, dan kebutuhan kehidupan sehari-hari lainnya selama karantina.”

“Sedangkan faktanya hanya beberapa provinsi yang berstatus darurat korona,” lanjutnya.

Irma menyebut, dalam situasi ekonomi dunia yang seperti ini, tentu pemerintah harus benar benar menghitung langkah apa yang tepat untuk menanggulangi pandemi ini.”Tidak bermanfaat juga jika pemerintah harus menanggung kebutuhan dasar mereka yang tidak terkena wabah, apalagi mereka yang hidup berkecukupan.” 

Apa yang dikerjakan pemerintah saat ini dinilai Irma sudah cukup baik. Tapi dia menyatakan, pemerintah hanya perlu menambah disiplin warga dengan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) dan sembako.

“Khususnya, bagi para buruh harian lepas dan rakyat miskin agar mereka bisa tetap di rumah. Pemerintah daerah bisa merelokasi anggaran untuk melakukan hal ini,” kata Irma.

Untuk menjalankan program ini, menurut Irma tidak sulit, Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Sosial bisa berkoordinasi.”Kalau ini berjalan, maka regulasi yang diputuskan pemerintah yaitu PSBB, insyaallah bisa jadi jalan keluar selain social distancing dan penutupan pintu masuk dan keluar provinsi darurat korona.” (*/UG)

News Feed