oleh

‘New Normal’ Bukan Berarti Bebas Nongkrong

-Berita-150 views

MAMAKOTA,- Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang Fitra Hergyana mengatakan, pemerintah bersiap untuk menjalankan ‘new normal’.

Ia menjelaskan, new normal atau kenormalan baru atau tatanan kehidupan yang baru adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, social, dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar kesehatan/protokol kesehatan yang sebelumnya tidak ada sebelum pandemi.

“New normal adalah upaya menyelamatkan hidup warga dan menjaga agar negara tetap bisa berdaya menjalankan fungsinya,” ujar Fitra.

New normal merupakan tahapan baru setelah kebijakan ‘stay at home’ atau ‘work from home’ atau pembatasan sosial diberlakukan untuk mencegah penyebaran massif wabah virus corona. New normal utamanya agar warga yang memerlukan aktivitas luar rumah dapat bekerja dengan menggunakan standar kesehatan yang ditetapkan. “Jadi bukan sekadar bebas bergerombol atau keluyuran, nongkrong, ataupun kegiatan-kegiatan lain yang tidak perlu.”

Dia menambahkan, new normal diberlakukan dengan kesadaran penuh bahwa wabah masih ada di sekitar kita. Untuk itu aktivitas ekonomi/publik diperbolehkan dengan syarat menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Untuk memastikan new normal bisa berjalan baik maka pemerintah harus melakukan upaya yang sistematis, terkordinasi dan konsisten dalam melakukan pengawasan publik dan ‘law enforcement’. “Di dalamnya juga termasuk memperbesar kapasitas sektor kesehatan kita untuk mengantisipasi lonjakan penderita Covid-19.” (*/UG)

Komentar

News Feed