oleh

PBNU Imbau Tarawih Dan Salat Ied Di Rumah

-Berita-167 views

MAMAKOTA,- Marhaban Ya Ramadhan. Sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan mulia, bulan penuh ampunan dan barokah. Ramadhan kali ini sepertinya akan sangat berbeda dibanding tahun sebelumnya. Soalnya, ada wabah virus corona yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Padahal Ramadhan tinggal 20 hari lagi. Umat berharap, wabah ini sudah bisa hilang sebelum Ramadhan.

Menghadapi wabah corona, sejumlah ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah memberikan imbauan kepada umat menjalani ibadah Ramadhan di rumah. Kedua ormas besar di republik ini, mendukung upaya pemerintah agar warga menjaga jarak dan tak melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Imbauan NU itu tercantum dalam Surat Edaran yang diterbitkan PBNU, Jumat lalu. Surat ini sebagai ikhtiar untuk menahan laju dan memutus mata rantai sebaran corona. Dalam surat itu, Ketum PBNU Said Aqil Siradj mengimbau warga nahdliyin agar menjalankan salat Tarawih selama Ramadhan dan Idul Fitri di rumah masing-masing.

PBNU menginstruksikan jajarannya dan mengimbau umat senantiasa melaksanakan peribadatan wajib dan meningkatkan amaliah, seperti memperbanyak amalan sunah. Misalnya sedekah, membaca Al-Quran, memanjatkan doa untuk para leluhur, dan ibadah lainnya.

Selain itu, nahdliyin juga diimbau mempererat tali silaturahmi dengan tetap mengacu pada ketentuan dan kebijakan pembatasan sosial (social distancing) dan menjaga jarak fisik (physical distancing) yang ditetapkan Pemerintah.

“Seluruh Nahdliyin agar senantiasa menaati keputusan, kebijakan, dan imbauan pemerintah dan daerah dalam rangka mencegah penyebaran corona, termasuk mengenai mudik Lebaran,” tulis surat tersebut. (*/RM)

Komentar

News Feed