oleh

Pemdes Wajib Anggarkan BLT dari DD

-Berita-204 views

MAMAKOTA,- Dinas Pember­dayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang mengin­gatkan kepada Pemerintah Desa (Pem­des), agar mengalokasikan anggaran dari Dana Desa (DD) untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Hal itu menyusul adanya perubahan Peraturan Menteri Desa PDTT (Per­mendes PDTT) Nomor 6 Tahun 2020, tentang Perubahan Atas Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Ta­hun 2020.

Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan, dalam menanggulangi dampak Covid-19, Pemdes di Pandeglang harus menga­lokasikan anggaran dari DD untuk BLT, yang diprioritaskan warga yang tidak masuk dalam penerima bantuan sosial Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabu­paten. Lanjutnya, kewajiban itu sesuai dengan Peraturan Kemendes PDTT, yang mewajibkan desa melakukan pen­anggulangan Pandemi Covid-19.

“Namun warga yang harus dibantu melalui BLT itu adalah warga yang sama sekali tidak menerima bantuan sosial, seperti PKH, program sembako BPNT, serta Bansos lainnya secara ru­tin dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabuapaten,” kata Doni, Minggu (19/4).

Lanjut Doni, besaran yang mesti di­berikan oleh desa kepada setiap warga yang bakal dibantu, itu sudah ditentukan dalam aturan Permendes PDTT tersebut.

“Untuk besaran anggaran BLT yang harus dianggarkan oleh desa dari DD itu sebesar Rp600/ bulan untuk satu orang penerima selama tiga bulan ke depan. Ya itu sesuai aturan yang ber­laku, sudah ditentukan,” jelasnya.

Kalau data calon penerima BLT un­gkap Doni, sedang dilakukan pemba­hasan baik di tingkat desa maupun ka­bupaten. Jadi nantinya kata dia, berapa jumlah warga yang harus dipenuhi me­lalui BLT DD tersebut, dapat tersusun dengan baik dan tidak tumpang tindih bantuan.

“Tentu kami akan pilih mana warga yang dapat bantuan dari Pemerin­tah Pusat, Provinsi dan Kabupaten. Maka dari itu jika datanya sudah ma­suk semua akan diverifikasi. Nah, jika masih banyak warga yang sama sekali belum mendapatkan bantuan sosial, maka ditanggulangi oleh BLT dari DD itu,” pungkasnya. (*/SN)

Komentar

News Feed