oleh

Pemkot Tangsel Klaim RPJMD Bidang Kepemudaan dan Olahraga Capai Target

-Berita-26 views

SERPONG, MAMAKOTA– Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Selatan, pastikan salah satu indikator Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 sudah mencapai target. Pemeliharaan yang dilakukan tersebut tercapai sejak 2019. Sementara tahun ini Dispora terus melakukan upaya agar Dispora bisa merealisasikan indikator lainnya.

Kepala Dispora Kota Tangsel Wiwi Martawijaya menjelaskan bahwa realisasi pelaksanaan RPJMD di Kota Tangsel saat ini hampir menyeluruh. Dispora terus melakukan berbagai upaya agar semuanya bisa terealisasi.

”Ada lima Indikator program dalam RPJMD Dispora,” ujar Wiwi.

Salah satu indikatornya adalah memastikan pemeliharaan sarana dan prasarana olahraga yang bisa diakses oleh masyarakat di Kota Tangsel. Adapun indikator lain yang hampir mencapai 100 persen adalah peningkatan kualitas organisasi kepemudaan. Kemudian jumlah calon wira usaha muda yang masuk dalam program pengembangan kewirausahaan dan kecakapan hidup pemuda.

Selain itu, Dispora juga memiliki indikator program berupa pembinaan manajemen dan pengembangan olahraga di masyarakat, serta memastikan pembangunan sarana dan prasarana olahraga. ”Itu semuanya sudah terealisasi per tahun ini,” ujar Wiwi.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tangerang Selatan, Bambang Noertjahjo menjelaskan bahwa Dispora sudah berhasil membawa nama Tangsel sebagai salah satu kota yang berhasil melahirkan atlet-atlet berkualitas dari pekan olahraga provinsi. Terbukti pada 2012, Tangerang Selatan berhasil meraih juara umum dengan perolehan 51 medali emas. Kemudian pada 2014, Tangsel juga menjadi juara umum dengan perolehan 46 emas. Sementara pada 2016, Tangsel meraih juara umum kembali dengan 57 emas. Bahkan pada 2018, Tangsel menang telak menjadi juara umum dengan 73 emas.

”Dari seluruh perolehan prestasi itu, Tangsel berhasil dinobatkan sebagai Kota Layak Pemuda Kategori Utama yang diberikan oleh Kemenpora pada 2017,” kata dia. (ahmad)

News Feed